materi kuliah biologi, biologi kesehatan, biologi sel, karakteristik mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup, plantae, animalia dan kerugian dan keuntungan biologi bagi kehidupan, manfaat, obat tradisional, herbal dan khasiat tanaman

Pengertian dan Perbedaan Autotrof dan Heterotrof

Pengertian dan Perbedaan Autotrof dan Heterotrof Ada ribuan ekosistem berbagai ukuran di permukaan bumi. Semua makhluk hidup serta faktor-faktor fisik dan kimia seperti matahari, iklim tanah, dan air, adalah bagian dari ekosistem beberapa dan semua ekosistem ini saling berhubungan dalam beberapa cara atau yang lain. 
Pada materi berikut ini, kami harapkan pembaca dapat memahami tentang;
1. Apa Pengertian Autotrof?
2. Apa Yang dimaksud Heterotrof?
3. Sebutkan Perbedaan Autotrof dengan Heterotrof.
Pengertian dan Perbedaan Autotrof dan Heterotrof
Pengertian dan Perbedaan Autotrof dan Heterotrof
Ekosistem pada dasarnya adalah sebuah unit yang terdiri dari faktor biotik (hidup) dan abiotik (tidak hidup) di daerah tertentu yang dihubungkan bersama melalui siklus hara dan aliran energi. Matahari adalah sumber mendasar dari hampir semua ekosistem di bumi ini dan energi radiasi dari matahari melalui mengalir berbagai komponen ekosistem oleh siklus nutrisi dan energi. Para biotik atau komponen hidup ekosistem dibagi menjadi dua kategori – autotroph dan heterotrof. Mari kita baca tentang mereka secara rinci.

Pengertian Autotrof
Autotrof adalah organisme yang mampu mensintesis makanan sendiri, menggunakan energi dari matahari, dengan proses yang dikenal sebagai fotosintesis. Semua tanaman dan beberapa bentuk bakteri datang di bawah kategori ini. Mereka juga dikenal sebagai produsen dalam rantai makanan, karena mereka mampu menghasilkan makanan mereka sendiri dan makanan ini secara langsung atau tidak langsung digunakan oleh anggota lain dari rantai makanan.

Aututrophs adalah makan sendiri atau mandiri anggota ekosistem. Mereka mensintesis senyawa organik kompleks seperti karbohidrat, protein dan lemak, dari molekul anorganik sederhana, dengan bantuan energi cahaya atau dengan reaksi kimia anorganik. Tergantung pada metode yang mereka mensintesis makanan mereka, autotrof diklasifikasikan lebih lanjut menjadi dua kategori:
  • Phototrophs – Ini adalah sebagian besar tanaman, yang menggunakan cahaya sebagai sumber energi.
  • Chemoautotrophs – Bakteri atau jamur yang memperoleh makanan mereka dengan reaksi kimia anorganik.
Pengertian Heterotrof
Mereka organisme yang mendapatkan energi dari molekul organik yang dibuat oleh autotrof dikenal sebagai heterotrof. Organisme ini gagal untuk mensintesis makanan mereka sendiri dan tergantung pada produsen atau autotrof, untuk penyediaan senyawa organik yang diperlukan untuk pertumbuhan mereka. Sebagai heterotrof memperoleh energi dari produsen, mereka berfungsi sebagai konsumen dalam rantai makanan. Senyawa organik kompleks yang diproduksi oleh autotrof dipecah menjadi zat yang sederhana, yang memberikan energi ke heterotrof. Seperti autotrof, heterotrof juga diklasifikasikan sebagai photoheterotrophs dan chemoheterotrophs, tergantung pada sumber energi. Konsumen diklasifikasikan lebih lanjut ke dalam kategori yang berbeda, berdasarkan modus konsumsi.
  • Herbivora – Sebuah heterotrof yang memperoleh energi langsung dari tanaman.
  • Karnivora – Mereka hewan yang memakan hewan lain.
  • Omnivora – Hewan yang mendapatkan makanan mereka dari tumbuhan maupun dari hewan lain.
  • Saprobes – Organisme yang mendapatkan energi dengan memecah sisa-sisa tanaman dan hewan yang mati.
Perbedaan Autotrof dan heterotrof
Saya yakin Anda harus memiliki punya ide singkat tentang apa yang autotrof dan heterotrof yang! Sekarang, mari kita bandingkan mereka dan menambah perdebatan autotroph vs heterotrof.
Autotrof dan heterotrof – Persamaan
Berikut ini adalah kesamaan antara autotrof dan heterotrof. Silahkan lihat pada mereka:
  • Autotrof, serta heterotrof, adalah makhluk hidup dan keduanya merupakan bagian dari ekosistem tertentu.
  • Para autotrof dan heterotrof, bersama-sama membentuk tingkat trofik berbagai piramida makanan.
  • Keduanya memerlukan sinar matahari dan air untuk hidup dan memperoleh energi dengan konversi molekul kimia.
Autotrof dan heterotrof – Perbedaan
Perbedaan utama antara autotroph dan heterotrof adalah bahwa autotrof dapat mensintesis makanan sendiri, sedangkan, heterotrof tidak bisa. Kebanyakan autotrof berisi pigmen klorofil, yang memainkan peran kunci dalam sintesis makanan. Klorofil tidak hadir di hampir semua heterotrof. Autptrophs memperoleh energi dengan mengubah bahan baku anorganik menjadi senyawa organik, sedangkan, heterotrof mengkonversi senyawa organik yang kompleks menjadi lebih sederhana untuk memperoleh energi.

Jadi, ini semua tentang autotroph dan heterotrof. Gerakan nutrisi dan energi dari autotrof melalui berbagai tingkat heterotrof, membentuk sebuah rantai makanan khas. Autotrof dan heterotrof, bersama-sama, merupakan bagian penting dari semua ekosistem. Harap Anda menemukan informasi ini membantu!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Perbedaan Autotrof dan Heterotrof

1 komentar:

  1. Hey there! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers?

    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing a few months of hard work due to no data
    backup. Do you have any solutions to prevent hackers?

    ReplyDelete